Selasa, 16 Desember 2014

PBO






Pengertian Inheritance (Pewarisan)
inheritance (penurunan sifat / pewarisan), ini merupakan ciri khas dari OOP yang tidak terdapat pada pemrograman prosedural gaya lama. Dalam hal ini, inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya (pewarisan). Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya. Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek turunannya. Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.
Keuntungan Inheritance:
“Saat anda ingin membuat class baru, dan ternyata pada class lain telah ada code yang ingin anda gunakan, maka anda tinggal meng-extend class lain tersebut.”
Contoh Program
  • Simpan dengan nama Inheritance1.java
class Inheritance1
{
private String na;
private String nama;
public void setna (String van)
{
na=van;
}
public void setnama (String vnama)
{
nama=vnama;
}
public String getna()
{
return (na);
}
public String getnama()
{
return (nama);
}
public void display()
{
System.out.println(“NPM”+getna());
System.out.println(“Nama”+getnama());
}
}
  • Simpan dengan nama Inheritance2.java
class Inheritance2 extends Inheritance1
{
private double ip;
public void setip (double vip)
{
ip=vip;
}
public double getip()
{
return(ip);
}
public void display()
{
System.out.println(“IP : “+getip());
System.out.println(“Nama : “+getnama());
System.out.println(“NPM : “+getna());
}
}
  • Simpan dengan nama InheritanceCoba.java
public class InheritanceCoba
{
public static void main(String[] args)
{
Inheritance2 ap1=new Inheritance2();
ap1.setna(“56410268 & 55410416″);
ap1.setnama(“Rudy Eriyanto & Pulung Bagaskoro”);
ap1.setip(3.5);
ap1.display();
}
}


KONSTRUKTOR apa ya konstruktor sulit tidak pemahaman ya hayooo mulai bertanya-tanyakan langsung disimak ya sobat sambil ditemani secangkir teh atau Kopi agar tidak kebingungan hehehe…:)
Konstruktor adalah sebuah method yang digunakan untuk memberika nilai awal pada saat object diciptakan yang dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat instan class

Sifat konstruktor:  •Nama konstruktor sama dengan nama class
                            •Tidak memiliki nilai balik dan tidak boleh ada kata kunci void
Contoh soal  :    
1.Buat class Bank
•Buat konstruktor class Bank dengan parameter: saldo
•Buat method: simpanUang, ambilUang, dan getSaldo
2.Buat class BankBeraksi, tetapkan saldo awal lewat konstruktur Rp.100000,jalankan method di atas, dan tampilkan proses sebagai berikut:
             Selamat Datang di Bank ABC
              Saldo saat ini: Rp. 100000
              Simpan uang: Rp. 500000
              Saldo saat ini: Rp. 600000
  Ambil uang: Rp. 150000
  Saldo saat ini: Rp. 450000
Berikut script programnya :  
public class Bank {
  String Saldo;
public Bank(String Saldo) {
this.Saldo = Saldo;
}
public void data() {
System.out.println(“Saldo saat ini:” + Saldo);
System.out.println(“Simpan Uang:” + Saldo);
System.out.println(“Ambil Uang:” + Saldo);
}
void getsaldo() {
System.out.println(“Saldo saat ini:” + Saldo);
}
}
    public class BankBeraksi {
    public static void main(String[] args) {
    Bank Bankku = new Bank(“Rp.100000″);
    System.out.println(“Selamat Datang Dibank ABC”);
    System.out.println(“Saldo saat ini:” + Bankku.Saldo + ‘\n’);
    Bankku.Saldo = “Rp.500000″;
   System.out.println(“Simpan Uang:” + Bankku.Saldo);
   Bankku.Saldo = “Rp.600000″;
   System.out.println(“Saldo saat ini:” + Bankku.Saldo + ‘\n’);
   Bankku.Saldo = “Rp.150000″;
   System.out.println(“Ambil :” + Bankku.Saldo);
   Bankku.Saldo = “Rp.450000″;
   System.out.println(“Saldo saat ini:” + Bankku.Saldo + ‘\n’);
    }
}


Selanjutnya di run silahkan dilihat hasilnya dibawah ini

Run


Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi,
artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil
sehingga nantinya dapat digunakan berulang-ulang,
daripada menulis beberapa baris kode yang sama.
Method dalam Java mirip dengan fungsi atau procedure dalam bahasa pemrograman yang lain.
Pada konsep Object Oriented Programming, Function lebih dikenal dengan istilah Method dimana merupakan suatu bagian dari Object yang mendefinisikan apa yang bisa Object tersebut lakukan.
Jadi :
Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seorang programmer didalam suatu Class.
Method dapat dibagi menjadi fungsi dan prosedur.
Fungsi adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil.
Prosedur adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil. Secara umum method dalam java adalah sebuah fungsi.
Setiap method menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.
Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.
Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.
Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,
pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.
Mendeklarasikan Method
<methodDeclaration> ::=
<modifier> <returnType> <name>(<parameter>*) {
<statement>*
}
<parameter> ::=
<parameter_type> <parameter_name>[,]
contoh method:
class MethodDemo {
int data;
int getData() {
return data;
}
void setData(int data) {
this.data = data;
}
void setMaxData(int data1, int data2) {
data = (data1>data2)? data1 : data2;
}
}
contoh program dengan method:
public class TesMak
{
/** Main method */
public static void main(String[] args)
{
int i = 5;
int j = 2;
int k = mak(i, j);
System.out.println(“The maximum between ” + i + ” and ” + j + ” is ” + k);
}
/** Return the max between two numbers */
public static int mak(int num1, int num2)
{
int hasil;
if (num1 > num2)
hasil = num1;
else
hasil = num2;
return hasil;
}
}
   
PENGERTIAN CLASS
Kelas merupakan cetakan atau blueprint atau prototype, hasil dari cetakan itu disebut objek. Contoh pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini disebut kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut objek. Pesawat-pesawat hasil rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang berbeda-beda tergantung perusahaan penerbangannya. Disini jelas bahwa objek memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari kelas, satu kelas bisa memiliki beberapa objek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar