Sabtu, 20 Desember 2014

Filosofi Idhul adha


Tugas Multikultural
Filosofi Idhul Adha



Disusun oleh :
Retno Anggrasari Purnomo
Nim.130403010008


Universitas Kanjuruhan Malang
2014


Filosofi Idhul Adha
Idhul Adha adalah hari raya umat Islam setelah hari raya Idhul Fitri. Lebih tepatnya lagi Idhul Adha disebut juga dengan hari raya Qurban. Karena pada saat idhul adha banyak orang  yang menyerahkan hewan ternaknya untuk diqurbankan. Akan tetapi hanya diwajibkan kepada orang orang yang mampu.
Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dulhijah, jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini disertai hari-hari Tasyrik dimana umat Islam diharamkan berpuasa.
Semangat Idul Adha atau jiwa dari ibadah kurban adalah pengorbanan terhadap orang lain yang membutuhkan, bukan sekedar berkurban hewan yang dibagikan kepada fakir miskin.
Ada beberapa hal dan kebiasaan yang akan dilakukan oleh semua orang ketika menjelang idhul adha. Disetiap daerah mungkin sama akan tetapi pasti juga ada perbedaan meskipun itu tidak telalu jauh perbedanya.
Seperti halnya di kota Malang lebih tepatnya lagi di daerah Kepanjen. Hal dan kebiasaan itu adalah :
1.      Puasa selama 2 hari, ini adalah puasa sunnah sebelum melaksanakan Idhul adha.
2.      Biasanya ditandai dengan libur 1-2 hari  , ini sudah pasti ada disetiap daerah.
3.      Takbir keliling, dengan membawa obor dan bedug. Biasanya ini dilakukan oleh remaja masjid, dan disetiap RT juga harus mendatangkan perwakilan remaja masjidnya untuk melakukan takbir keliling ini.
4.      Pada pagi harinya banyak toko toko yang tutup, karena konsentrasi kegiatan hanya focus dimasjid masjid.
5.      Sebelum sholat Ied, biasanya ada sedikit Qutbah tentang asal usul Qurban tersebut, dan menyebutkan nama nama orang yang telah berQurban.
6.      Sholat ied
7.      Setelah sholat biasanya ada pembacaan sedikit do’a yang dipimpin oleh Imam
8.      Dilanjutkan dengan bersalam salam, maksudnya saling bermaaf maafan antara orang satu dengan yang lainnya seperti halnya seusai  sholat idul Fitri.
9.      Lalu penyembelihan hewan Qurban
10.  Setelah selesai penyembelihan, daging hewan qurbanpun siap untuk dibagi rata di setiap rumah khususnya bagi orang orang yang tidak mampu.
Dari ke10 hal dan kebiasaan yang dilaksanakan di Kepanjen menjelang hari raya idul Adha diatas mungkin tidak jauh berbeda dengan daerah lain.
Mungkin disuatu daerah ada yang melakukan Silaturrahim ketetangga tetangga, seperti Perayaan idul Fitri, ada yang memasak hasil pembagian hewan qurban tersebut untuk dimakan bersama sama dan masih banyak lagi

 Kata pengantar
Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga saya bisa menyelesaikan pembuatan makalah ini.
Makalah ini berisikan tentang filosofi Idhul Adha. Diharapkan makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih . Semoga ALLAH senantiasa meridhai segala usaha kami. Amin

Pendahuluan
A.   Latar Belakang
Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam yang mana pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham) mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.
Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan shalat Ied berjama’ah, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah shalat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.
B.   Tujuan pembuatan makalah
1.      Untuk menambah pengetahuan tentang makna Idhul Adha
2.      Untuk mengetahui manfaat dari Idhul Adha

Penutup
A.   Kesimpulan
Semangat Idul Adha atau jiwa dari ibadah kurban adalah pengorbanan terhadap orang lain yang membutuhkan, bukan sekedar berkurban hewan yang dibagikan kepada fakir miskin.
Tujuan dari ibadah ini selain mendekatkan diri dan mencapai ketaqwaan kepada Allah,    juga mengikis sifat-sifat buruk manusia seperti pelit, kikir, tamak, serakah, dan loba   menjadi dermawan, peduli, saling menolong, dan berkasih sayang terhadap orang miskin

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar